Senin, 11 Juli 2011

Menumpuk Hutang???


Saya pegang kartu kredit lebih dari 2 bank, dan limit nol semua sedang tanggungan banyak. Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Apa perlu kita buat kartu kredit lagi untuk menutupi semuanya??
Terima kasih sebelumnya.
Andre - Malang



Jawaban:

Pak Andre, saya memahami kondisi Anda sekarang ini pastilah cukup memusingkan dan membuat Anda tidak tenang karena terbebani oleh hutang yang tidak sedikit. Saya sarankan agar Anda tidak panik, dan memikirkan baik-baik berbagai alternatif solusi beserta konsekuensinya.

Gali lubang tutup lubang dengan aplikasi kartu kredit baru bisa menjadi salah satu solusi, namun Anda juga perlu mempertimbangkan konsekuensinya. Dengan adanya kartu kredit baru, hutang Anda sebetulnya tidak berkurang dan hanya memperpanjang saja masalah. Selain itu, beban Anda bisa jadi bertambah karena harus membayar iuran tahunan. Pembuatan kartu kredit baru hanya memperpanjang deadline, tapi tidak mengurangi masalah, malah terkadang memperbesar masalahnya. Saran saya, solusi ini hanya diambil jika Anda memang mampu membayar kembali hutang tersebut, hanya saja Anda membutuhkan tambahan waktu untuk eksekusinya. Misalnya, menunggu pencairan dana dari deposito dan sebagainya. Tapi jika kemampuan bayar Anda sama saja, saya sangat tidak menyarankan langkah ini.

Kecuali jika Anda bisa mendapatkan fasilitas pemindahan saldo hutang kepada kartu kredit baru yang menawarkan program khusus "transfer balance". Penawaran ini bisa saja Anda ambil dan bisa memudahkan Anda untuk mencicil hutang Anda. Karena dengan program ini biasanya Anda dikenakan bunga yang sangat ringan pada beberapa bulan pertama. Tapi ingat, Anda harus tetap mencicilnya sebesar mungkin yang Anda mampu, dan kartu yang baru sama sekali tidak digunakan sampai dengan hutang yang lama lunas.

Sebelum mempertimbankan alternatif di atas, saya minta Anda perhitungkan kembali kemampuan bayar Anda dan buat simulasinya. Jika Anda masih bisa membayar cicilan minimalnya, terus saja bayarkan sebesar cicilan minimal sekarang, dan jangan dikurangi di bulan depan. Jika itu yang Anda lakukan, maka Anda bisa melunasinya dalam jangka waktu 1 tahun. Namun jika Anda hanya membayar cicilan minimal saja setiap bulan, maka hutang tersebut baru akan lunas dalam waktu 2 tahun. 

Namun jika kemampuan membayar Anda sudah di bawah cicilan minimal sekarang, saya sarankan Anda mencari sumber hutang lain yang bisa menutupinya untuk sementara. Sebelum mempertimbangkan kartu kredit baru, pertimbangkan terlebih dahulu sumber pinjaman bebas bunga dari keluarga, sahabat, atau koperasi kantor.
Salam,
 

Ahmad Gozali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar